Keheningan Pulau Balak, Serasa Pulau Milik Sendiri - Ayo Wisata

Pencarian

Keheningan Pulau Balak, Serasa Pulau Milik Sendiri

2016-12-29

Pulau Balak, sebuah pulau unik nan menawan di perairan Lampung ini mulai jadi perbincangan di kalangan masyarakat. Selain eksotis, pulau dengan suasana yang sepi ini membuat setiap wisatawan yang datang ke pulau ini akan merasa seperti berlibur di pulau milik sendiri. Pulau dengan luas sekitar 200 hektare ini menyajikan pemandangan yang tak kalah indah dengan pulau-pulau lain di Lampung. 

Pulau Balak. sumber: brobali.com
Pulau ini adalah satu dari 3 pulau kecil yang ada di teluk pidada. Dua pulau diantaranya adalah Pulau Lunik dan Pulau Lok atau Pulau Helok. Penamaan Pulau Balak berasal dari bahasa Lampung yakni Balak yang artinya besar, dan pulau ini adalah pulau yang terbesar diantara 2 pulau lainnya yaitu Pulau Lunik dan Pulau Lok. Itulah sebabnya pulau ini diberi nama Pulau Balak. 

View Pulau Balak Dari Kejauhan. sumber: privateislandsinc.com
Pulau Balak berada di kawasan Teluk Pidada, kecamatan Punduh Pidada, kabupaten Pesawaran, Lampung. Berjarak 400 meter dari Pulau Lok, pulau ini adalah satu dari dari sekian banyak pulau yang banyak dikunjungi di provinsi Lampung. Rata-rata pengunjung yang datang adalah mereka yang ingin mencari suasana damai untuk melepaskan penat dan kejenuhan bekerja.

Untuk menuju Pulau Balak yang perlu dilakukan pertama kali adalah anda harus menuju dermaga Ketapang. Dermaga Ketapang dapat ditempuh dari kota Bandar Lampung dalam waktu sekitar 1 hingga 1,5 jam menggunakan kendaraan pribadi. Setelah tiba di dermaga Ketapang anda bisa menyewa speed boat atau perahu motor untuk menyeberang menuju pulau ini. Harga tiket yang harus anda bayar untuk menyewa speed boat dan perahu motor adalah sebesar Rp. 300.000,- hingga Rp. 400.000,- dengan kapasitas penumpang 5-6 orang, sedangkan untuk perahu motor adalah sebesar Rp. 250.000,- dengan kapasitas penumpang 15 orang.

Dermga Ketapang. sumber: too-chocoholics.blogspot.co.id
Setibanya anda di Pulau Balak, anda akan disambut dengan sebuah dermaga dan juga gapura selamat datang Pulau Balak. Untuk fasilitas yang tersedia di pulau ini pun cukap memadai. Di pulau ini sudah tersedia penginapan berupa cottage yang bisa anda sewa untuk menginap selama berada di pulau ini. Untuk masalah listrik anda tidak perlu khawatir, karena sudah tersedia generator untuk pasokan listrik. Namun anda hanya bisa memakai fasilitas ini pada pukul 6 sore hingga 12 malam. Fasilitas lain seperti tempat ibadah seperti mushola dan toilet pun juga sudah tersedia di Pulau Balak ini.

Dermaga Pulau Balak. sumber:privateislandsinc.com
Gapura Selamat Datang Pulau Balak. sumber: lihat.co.id

Cottage Di Pulau Balak. sumber: privateislandsinc.com
Beberapa aktivitas juga bisa anda lakukan di pulau ini diantaranya adalah snorkling, berenang, bermain pasir atau bersantai sambil berjemur di atas pasirnya yang putih dan lembut. bersnorkling adalah aktivitas yang wajib anda lakukan selama berada di sini, karena pulau ini juga memiliki pemandangan bawah laut yang juga menawan. Salah satu ciri khas dari pulau ini adalah komposisi terumbu karang yang rapat. Untuk menikmati indahnya terumbu karang tidak membutuhkan waktu yang lama, karena terumbu karangnya membentang disekeliling pulau ini.

Terumbu Karang Pulau Balak. sumber: lihat.co.id

1 comment

  1. artikelnya bagus, ijin share di https://ksmtour.com , terimakasih

    ReplyDelete

 

Translate

Most Reading

histats

Tags