Mendaki Gunung Betung Demi Air Terjun Wiyono - Ayo Wisata

Pencarian

Mendaki Gunung Betung Demi Air Terjun Wiyono

2017-02-07

Dengan pemandangan alam yang dimilikinya membuat Lampung kaya akan potensi wisata yang tidak pernah sepi pengunjung baik pada libur maupun pada hari-hari biasa. Selain pemandangan alam yang menjadi suguhan utama provinsi di ujung selatan Pulau Sumatera ini, di provinsi ini juga terdapat  beberapa destinasi wisata yang sekaligus menjadi pusat penangkaran hewan-hewan dilindungi yang sudah hampir punah. Diantaranya adalah penangkaran penyu di Lampung Barat dan Pusat Latihan Gajah Way Kambas yang juga merupakan Pusat Penangkaran Badak Sumatera yang berada di Lampung Timur.

Bagi anda yang sudah pernah ataupun sering berkunjung ke lokasi-lokasi wisata Lampung tentu anda sudah sangat paham akan resiko yang harus anda hadapi untuk menikmati indahnya alam Indonesia khususnya Lampung. Seperti misahnya jarak yang sangat jauh, lokasi yang terpencil, sampai jalan yang terjal dan berlumpur harus anda lalui demi kepuasan menikmati indahnya pemandangan alam Lampung.

Indahnya alam Lampung memang bukan hanya isapan jempol saja. Banyak wisatawan yang dengan sengaja datang ke sini karena penasaran dan ingin mencoba menikmati indahnya pemandangan alam Lampung. Mungkin sebagian orang yang tidak tahu hanya mengenal Lampung dari sisi kejahatannya saja. Namun yang beranggapan seperti itu adalah salah. Karena tidak semua orang Lampung jahat dan kriminal. Karena masih banyak orang Lampung yang jika ditanya lokasi pasti ditunjukan sampai anda paham untuk sampai dilokasi yang anda tuju. Jadi jika anda ingin berkunjung ke Lampung anda tidak perlu khawatir atau takut tersesat karena anda bisa bertanya kepada warga setempat jika anda belum tahu jalan menuju lokasi yang anda tuju.

Jika anda berkunjung ke Lampung untuk berwisata, tujuan pertama yang mungkin anda tuju adalah pantai. Namun tidak ada salanhanya jika anda mencoba sensasi liburan yang berbeda dengan mengunjungi wisata air terjun Lampung. Seperti wisata Air Terjun Wiyono yang berada di Kabupaten Pesawaran ini salah satunya.

Air Terjun Wiyono. sumber: photasphotos.blogspot.co.id
Sesuai dengan namanya yang juga diambil dari nama desa dimana air terjun ini berada, air terjun ini terletak di Desa Wiyono, Kecamatan Gedong Tataan, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung. Meski tidak setenar wisata pantai Lampung, air terjun ini juga sering dikunjungi oleh wisatawan terutama bagi mereka yang memiliki hobi mendaki gunung yang memang lokasi air terjun ini juga berada di sebuah gunung yang bernama Gunung Betung. Biasanya air terjun ini banyak dikunjungi pada saat akhir pekan dan biasanya yang ramai mengunjungi air terjun adalah mereka para pecinta alam atau para muda-mudi sekitaran Bandar Lampung, Pesawaran, dan Pringsewu.

Untuk menuju lokasi air terjun ini pun tidak memerlukan waktu yang lama. Anda hanya memerlukan waktu sekitar 1,5 jam perjalanan untuk bisa sampai dilokasi air terjun ini. Kondisi jalan yang cukup bagus pun sangat memudahkan perjalanan anda. Perjalanan yang harus anda tempuh adalah menuju ke arah Pringsewu, setelah anda tiba di Pasar Wiyono anda belokan kendaraan anda ke arah kanan. Dari situ perjalanan menuju lokasi Parkir yang berada dia atas perkanpungan warga. Kemudian anda harus berjalan kaki dengan kondisi jalan yang menanjak dan lama perjalanan sekitar 1 jam. Setelah itu anda akan bertemu dengan selter pertama. Bagi anda yang membawa perlengkapan camping anda bisa membuat camp di lokasi ini. Namun jika anda datang hanya untuk menikmati sejuknya air terjun saja, anda bisa melanjutkan perjalanan anda yang hanya tinggal beberapa puluh meter saja dari selter pertama ini. 

No comments:

Post a Comment

 

Translate

Most Reading

histats

Tags