Menguji Adrenalin Di Gunung Api Purba Nglanggeran Gunung Kidul

Menguji Adrenalin Di Gunung Api Purba Nglanggeran Gunung Kidul – Rutinitas dan kesibukan sehari-hari memang selalu memberi beban pada fikiran anda. Rasa lelah dan penat yang melanda tentunya sangat perlu untuk disegarkan kembali agar fikiran kembali jernih dan siap kembali beraktivitas. Indonesia yang kaya akan potensi wisata sangat siap memanjakan anda dan siap memberikan hiburan kepada anda yang sedang menyimpan rasa penat yang menumpuk difikiran.

Beberapa daerah besar seperti Jogja atau pun Pulau Dewata Bali memiliki banyak lokasi wisata yang bisa menjadi referensi anda untuk anda kunjungi bersama keluarga. Berjuluk Kota Istimewa dan sebagai Kota Pelajar, Jogja mungkin dikenal dengan Pantai Parangtritis dan Jalan Malioboronya. Namun masih banyak lagi potensi-potensi wisata yang juga menarik dan sangat cocok dijadikan pilihan liburan anda.

Menguji Adrenalin Di Gunung Api Purba Nglanggeran Gunung Kidul
Pintu Masuk. sumber: mataindonesia.co

Menguji Adrenalin Di Gunung Api Purba Nglanggeran Gunung Kidul

Sebuah gunung api yang pernah aktiv berjuta tahun yang lalu ini mungkin salah satunya. Berada di kawasan Baturagung atau lebih tepatnya terletak di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta, gunung ini diberi nama Gunung Nglanggeran atau yang akarab di sebut wisatawan dengan nama Gunung Api Purba. Disebut dengan nama Gunung Api Purba dikarenakan Gunung Nglanggeran ini dulunya adalah sebuah gunung api yang pernah aktiv berpuluh juta tahun yang lalu. Namun siapa sangka yang dulunya sebuah gunung berapi, kini telah menjadi bongkahan batu cadas raksasa. Gunung Nglanggeran sendiri membentang sepanjang sekitar 800 meter dengan ketinggian mencapai 300 meter. Pemndangan utama ketika berada di gunung ini adalah indahnya pemandangan matahari terbit yang terlihat dari atas ketinggian Gunung Nglanggeran ini. Selain pemandangan matahari terbit yang indah, bagi anda yang hobi dengan olah raga panjat tebing, anda akan dimanjakan dengan tebing-tebing terjal yang siap menguji adrenalin anda tentunya.

Menguji Adrenalin Di Gunung Api Purba Nglanggeran Gunung Kidul 1
Gunung Nglanggeran. sumber: jalanjogja.com

Kawasan wisata ini dibuka untuk umum selama 24 jam. Untuk bisa masuk kawasan Gunung Nglanggeran ini anda harus membayar tiket masuk yang berbeda pada siang dan malam. Anda akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp. 7.000,- per orang untuk siang hari dan sebesar Rp. 9.000,- per orang untuk malam hari. Harga tiket masuk tersebut hanya berlaku untuk warga negara Indonesia saja, karena warga negara asing akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp. 15.000,- per orang untuk siang hari maupun malam hari. Rute menuju Gunung Nglanggeran ini pun cukup mudah ditempuh. Anda bisa menempuh rute dari Wonosari ke arah Bunderan Sambipitu. Selanjutnya menuju arah Dusun Bobung kemudian anda akan bertemu dengan Desa Nglanggeran dimana gunung ini berada. Atau anda juga bisa menempuh rute Yogyakarta – Bukit Bintang Patuk – Desa Ngoro-oro – Desa Nglanggeran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *