Legenda Menarik Dibalik Kawasan Wisata Umbul Manten

Legenda Menarik Dibalik Kawasan Wisata Umbul Manten – Berselogan Kota Bersinar selain memiliki keramahan dari masyarakatnya, Klaten juga menyimpan potensi wisata yang unik dan menarik. Selain Umbul Ponggok yang sedang hits dan sedang ramai dikalangan muda mudi. Kabupaten Klaten juga masih memiliki beberapa tempat wisata yang juga menarik dengan segala keunikannya. Satu diantaranya adalah Umbul Manten yang memiliki view mirip dengan lokasi wisata Umbul Ponggok yang juga menawarkan pemandangan unik bawah air. Namun yang menjadikan lokasi wisata Umbul Manten ini berbeda dengan Umbul Ponggok adalah pemandangan airnya yang terlihat lebih alami dan terkesan lebih menyatu dengan alam.

Legenda Menarik Dibalik Kawasan Wisata Umbul Manten

Legenda Menarik Dibalik Kawasan Wisata Umbul Manten
Legenda Menarik Dibalik Kawasan Wisata Umbul Manten

Lokasinya yang diapit oleh 2 kota wisata dan budaya yakni Jogja dan Solo. Tentunya menjadikan Kabupaten Klaten terus memperbaiki dan terus menggali semua potensi yang dimiliki khususnya dalam bidang pariwisata. Entah disengaja atau pun tidak, beberapa tempat wisata Klaten memang terseting untuk para kaula muda dengan pemandangan uniknya yang menarik. Begitu pula dengan kawasan wisata Umbul Manten ini.

Arti Umbul Manten

Secara terpisah arti dari kata lokasi wisata yang satu ini yakni Umbul yang berarti “Sumber Mata Air” dan Manten yang memiliki arti “Pengantin”. Diberikan nama demikian karena tidak lepas dari legenda terkait lokasi wisata yang ini. Menurut penuturan warga tempat ini dulunya adalah sumber mata air bisa. Menjadi berubah nama dikarenakan dahulu ada sepasang pengantin baru yang hilang di lokasi ini. Menurut cerita yang beredar sepasang pengantin ini dahulunya mendapat wejangan dari orang tuanya yang mana sebelum usia pernikahan mereka mencapai 40 hari mereka dilarang untuk keluar rumah setelah maghrib.

Namun karena sepasang pengantin ini merasa bosan dan jenuh harus terus menerus di dalam rumah, akhirnya mereka pun tidak mengindahkan nasihat orang tuanya dan meraka keluar rumah pada saat menjelang maghrib. Pengantin laki-lakinya atau sang suami berjalan lebih dulu dari sang istri. Namun setelah sampai di lokasi sumber mata air ini secara tiba-tiba sang suami menoleh ke arah sang istri. Tetapi sang suami tidak bisa melihat dimana sang istri berada. Hal yang sama pun dirasakan oleh sang istri dimana sang istri tidak bisa melihat keberadaan sang suami. Sampai saat ini tidak ada yang tau dimana keberadaan sepasang pengantin ini dan dari sinilah awal mula lokasi tersebut diberi nama Umbul Manten.

Lokasi Umbul Manten


Umbul Manten ini berada di Dusun Janti, Desa Janti, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah dan secara kebetulan lokasi ini tidak berjauhan dengan kawasan wisata Umbul Ponggok. Kawasan wisata Umbul Manten ini sendiri mulai ramai dikunjungi oleh wisatawan pada awal tahun 2015. Walau pun menawarkan paket wisata yang mirip dengan Umbul Ponggok, namun Umbul Manten tidak seperti Umbul Ponggok yang sangat luas. Umbul Manten ini sendiri memiliki kolam yang berukuran kecil dengan kedalaman yang terbilang dangkal. Sangat pas sekali jika kawasan wisata ini disebut dengan kolam renang alam karena memang lokasinya yang berada di alam dan terbuat secara alami. Kondisi air yang mengalir menjadikan air pada kolam Umbul Manten ini selalu jernih tidak pernah bau. Namun anda tidak akan menemukan ikan seperti yang anda temukan di Umbul Ponggok. Sumber air yang mengaliri Umbul Manten ini sendiri berasal dari Umbul Peteng dan juga Umbul Pelem.

Mengulik Legenda Menarik Dibalik Kawasan Wisata Umbul Manten
Mengulik Legenda Menarik Dibalik Kawasan Wisata Umbul Manten

Untuk bisa menikmati segarnya air di Umbul Manten ini anda harus menempuh rute sebagai berikut:
Bagi anda yang berasal dari arah Jogja, anda cukup ke arah Jalan Solo menuju ke arah Kota Klaten. Setelah itu yang perlu anda tuju adalah Jalan Janti-Tegalgondo dan anda akan menemukan plang bertuliskan arah menuju Umbul Manten di pinggiran jalan. Namun jika anda yang berasal dari Solo, anda bisa menuju ke arah Jalan Solo-Jogja, anda akan bertemu dengan pemancingan ikan Janti sebelum anda masuk pertigaan Pakis,Dlanggu. Telusuri saja jalan tersebut hingga anda bertemu dengan Umbul Manten yang berada di sisi kanan jalan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *