Pantai Guci Batu Kapal

Pantai Guci Batu Kapal, sebuah pantai yang menurut cerita masyarakat memiliki keterkaitan dengan seorang tokoh yang sakti bejuluk Si Pahit Lidah. Mengapa demikian, dan kenapa pantai ini bernama Pantai Guci Batu Kapal?

Pantai Guci Batu Kapal
Pantai Guci Batu Kapal ( sumber: mengenalwisatabudayalampung )

Pantai Guci Batu Kapal

Bagi masyarakat Lampung tentunya nama Si Pahit Lidah sudah sangat terkenal. Si Pahit Lidah adalah seorang tokoh legendaris dari bumi Sumatera sangat sakti. Kesaktian luar biasa yang ia miliki adalah ia bisa mengubah apapun yang dikutuknya menjadi batu. Menurut cerita yang beredar di masyarakat, di pantai ini terdapat batu-batu karang yang menyerupai kapal yang dahulunya batuan karang ini dipercaya adalah kapal-kapal pedagang asing yang singgah di pantai ini karena dahulunya pantai ini adalah sebuah pelabuhan.

Karena tidak suka dengan orang-orang yang berada di pelabuhan ini yang sibuk dengan pekerjaannya masing-masing dan mengacuhkan Si Pahit Lidah yang mencoba menyapa mereka. Karena hal tersebut Si Pahit Lidah naik pitam dan dengan kekuatannya kemudian Si Pahit Lidah mengutuk kapal-kapal ini menjadi batu. Maka dari legenda ini kemudian pantai ini dikenal oleh masyarakat sebagai Pantai Guci Batu Kapal.

Batu Karang yang Menyerupai Kapal.
Batu Karang yang Menyerupai Kapal (sumber detik travel)

Pantai Guci Batu Kapal adalah sebuah pantai yang terletak di desa Maja, Kecamatan Kalianda, Lampung Selatan, Lampung. Pantai yang masih perawan dan alami belum ini banyak orang yang mengetahuinya. Rimbunan pohon yang berada disekitarnya ini membuat pantai ini terasa asri dan terjaga ke alamiannya.

Rimbunan Pohon di Sekitar Pantai
Rimbunan Pohon di Sekitar Pantai (sumber sumber: hasabizone)

Berjarak sekitar 50 km dari Kota Bandar Lampung pantai ini dapat ditempuh dengan waktu 1 sampai 2 jam ke arah Kalianda, yang perlu anda tuju untuk pertama kali adalah masjid Agung Kalianda, setelah itu akan anda diarahkan oleh petunjuk” yang ada. Untuk tiket masuk pantai ini adalah Rp. 5.000,- per orang,Rp. 5.000,- untuk motor dan Rp.10.000,-.

Tertarik untuk mencoba?
Datang dan buktikan legendanya. Pantai Guci Batu Kapal dibuka untuk umum dan buka setiap hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *